Biaya Sekolah SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta

Berita Sekolah menyampaikan informasi tentang Biaya Sekolah SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta, semoga informasi ini bermanfaat


Bersama ini kami beritasekolah.com menyampaikan informasi tentang Biaya Sekolah SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta, Sebagai berikut :

Sejarah

Globalisasi yang sangat bebas saat ini cukup menghawatirkan tumbuh kembang anak karena lingkungan akan membentuk jati dirinya. Pendidikan Islam Terpadu merupakan sistem pendidikan yang dibangun berdasarkan konsep Islam dalam rangka menciptakan lingkungan yang kondusif bagi tumbuh kembang anak sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia yaitu cerdas beriman dan bertaqwa.

Lembaga ini bemama Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Luqman Al Hakim. Didirikan pada bulan Oktober 1994 di bawah naungan Yayasan Sosial dan Pendidikan Islam Luqman Al-Hakim dengan Akta Notaris Umar Syambudi, S.H., nomor 41 tanggal 31 Oktober 1994. Akreditasi yang dilakukan BASDA pada tahun 2005 telah menetapkan lembaga ini mendapatkan nilai A (Amat Baik). Lembaga ini telah meluluskan siswa-siswinya 11 angkatan dan telah diterima di berbagai sekolah favorit baik negeri ataupun swasta serta pesantren yang berkapasitas nasional.

Yayasan Luqman Al Hakim didirikan oleh Bapak Ir. Sukamto, Bapak Boedi Dewantoro, S.H., Bapak Muhaimin, S.H., C.N., dan Dr. Mujidin. Pendirian yayasan ini dilatarbelakangi adanya keresahan terhadap sistem pendidikan di Indonesia masa kini yang mengabaikan keterpaduan antara ilmu yang dipelajari dengan Pencipta ilmu atau Dzat Yang Maha ‘Alim yaitu Allah SWT. Berawal dari keresahan inilah kemudian mereka sepakat mendirikan sebuah lembaga pendidikan yang berupaya memadukan pendidikan umum dengan pendidikan agama, ilmu kauniyah dengan ilmu Qur’aniyah, antara fikir dengan zikir dan antara IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) dengan IMTAQ (Iman dan Taqwa) serta dunia akhirat. Tahap berikutnya mereka menginvestasikan potensi yang ada, dan melakukan studi banding ke lembaga-lembaga pendidikan Islam antara lain: Nurul Fikri Jakarta, Al Azhar Kemang Jakarta, Al-Azhar Pondok Labu Jakarta, Iqro’ Bekasi, Hidayatullah Semarang dan sebagainya.

Pada awal berdirinya, untuk sementara atas amal Bapak H. Sunardi Syahuri dan Alm. As’ad Humam, dapat menempati balkon masjid Muadz bin Jabal Kota Gede sebagai tempat penyelenggaraan SD swasta dengan nama SDIT Luqman Al-Hakim. Di atas balkon berukuran 3×4 meter persegi, delapan siswa dan enam guru melakukan proses KBM dengan sistem fullday school, dari pukul 07.30 sampai 15.30 WIB.

Pada tahun pertama yaitu tahun 1995/1996 ada 17 calon siswa yang mendaftarkan diri sebagai siswa baru. Sementara belum ada tempat untuk menampung mereka, akhirnya yayasan mempergunakan gedung milik Yayasan Wal Fajri di Jalan Sisingamangaraja 71 Komplek Masjid Wal Fajri bersama dengan TKIT Bina Anak Sholeh. Dua lokal digunakan untuk kelas I dan kelas II dan sebagian disekat untuk kantor Setelah satu catur wulan KBM, yayasan ini dipercaya untuk memanfaatkan tanah wakaf PDHI yang berlokasi di Jalan Timoho II Gang Delima 2 Yogyakarta. Dan pada bulan Agustus sampai September 1996 dibangun tiga lokal semi permanen dan bulan Oktober digunakan untuk KBM dua kelas, untuk mushola dan kantor satu kelas.

SDIT Luqman Al-Hakim telah mendapat ijin operasional dari Pemerintahan Daerah Propinsi DIY dengan turunnya SK Gubemur No. 180/KPTS/1997 dan SK Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran No. 060/KPB/1997 Dua tahun kemudian dari SDIT Luqman Al-Hakim Yogyakarta meminta kepada Departemen P dan K, untuk diakreditasi walaupun belum meluluskan siswanya. Dan akhimya SDIT Luqman Al-Hakim Yogyakarta diakreditasi dengan hasil SD swasta diakui/ 102046014037 Hingga pada akhimya akreditasi yang dilakukan BASDA telah menetapkan lembaga ini mendapatkan nilai A (Amat Baik) tertanggal 12 oktober 2005.

Intinya, sejarah berdirinya SDIT Luqman Al Hakim berawal dari keprihatianan berbagai kalangan yang mayoritas sarjana atau mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu dan berbagai daerah terhadap nasib pendidikan anak bangsa; Keprihatianan tersebut tidak hanya terletak pada ketidakmampuan sistem pendidikan yang telah ada dan menghasilkan generasi unggulan yang bermoral, akan tetapi juga karena adanya kesadaran dan kepahaman bahwa Islam memberikan tuntunan dan tuntutan terhadap pendidikan khususnya pendidikan anak.

SDIT Luqman Al Hakim

Salah satu pilihan sekolah di Yogyakarta adalah SDIT Luqman Al Hakim yang terletak di Jalan Timoho II, Gg Delima No.2, Umbulharjo. Keunggulan dari sekolah ini antara lain adalah suasana yang ramah anak, pendidik dan tenaga kependidikan yang kompeten, serta ruang kelas yang terintegrasi dengan perangkat multimedia.

Fasilitas yang tersedia di sekolah ini sangat mendukung proses pembelajaran, termasuk perpustakaan, ruang olahraga dalam ruangan, unit kesehatan sekolah (UKS), laboratorium matematika dan IPA, laboratorium komputer, serta pusat Alquran.

Selain itu, sekolah ini juga menyediakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, renang, dan karate.

Berikut adalah rincian biaya pendidikan di SDIT Luqman Al Hakim:

  • Infaq pengembangan pendidikan: Rp 15.000.000
  • Biaya pendidikan per bulan: Rp 1.307.000
  • Seragam siswa putra: Rp 1.450.000
  • Seragam siswa putri: Rp 1.700.000
  • Iuran komite sekolah (untuk 1 tahun): Rp 100.000
  • Iuran JSIT (untuk 1 tahun): Rp 150.000
  • Sumbangan Ikhlas Membantu Pendidikan Anak Tidak Mampu: mulai dari Rp 35.000 hingga Rp 50.000

Total biaya pendidikan untuk siswa baru putra berkisar antara Rp 18.042.000 hingga Rp 18.057.000, sementara untuk siswa putri berkisar antara Rp 18.292.000 hingga Rp 18.307.000.

Untuk informasi lebih lanjut tentang sekolah ini, dapat menghubungi telepon di nomor 0274-542928 atau melalui WhatsApp di nomor 082136727278.

Demikian kami sampaikan informasi tentang Biaya Sekolah SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta, semoga bermanfaat.

Anda Ingin Melakukan Polling, Silahkan di PollingKita.com