10 Kampus Terbaik yang Menerapkan Blended Learning

Berita Sekolah menyampaikan informasi tentang 10 Kampus Terbaik yang Menerapkan Blended Learning, semoga informasi ini bermanfaat


10 Kampus Terbaik yang Menerapkan Blended Learning: Bagi anda yang berminat untuk mengambil kuliah dengan sistem kuliah online, daftar kampus terbaik yang menerapkan blended learning  (Campuran Kuliah Online dan Tatap Muka) wajib untuk diketahui. Berikut ini beberapa kampus yang bisa menjadi pilihan.

Sistem belajar  blended learning cocok untuk kamu yang ingin kuliah sambil bekerja karena jadwal kuliah online dan jadwal kuliah tatap muka diluar jam kerja.

Sejak pandemi Covid-19 dimulai pada tahun lalu, berbagai kegiatan menjadi dibatasi, termasuk kegiatan belajar mengajar di sekolah maupun perguruan tinggi. Pemberlakukan belajar online pun akhirnya diterapkan hingga waktu yang belum bisa ditentukan.

Seiring dengan masuknya masa new normal, beberapa perguruan tinggi terbaik yang menerapkan blended learning pun bermunculan.

Metode blended learning adalah campuran metode kegiatan belajar mengajar tatap muka, dan metode belajar online. Dengan adanya campuran dua metode ini, maka blended learning dirasa sesuai untuk menerapkan protokol kesehatan di industri pendidikan.

Blended learning di berbagai kampus dibantu dengan teknologi canggih seperti melalui sistem komputerisasi, atau ruang belajar kolaboratif secara online.

Untuk lebih jelasnya, ini dia beberapa keunggulan dari sistem blended learning sebagai metode belajar mengajar di tingkat perguruan tinggi:

  • Mahasiswa lebih mudah mengerti materi pembelajaran, karena tetap ada metode belajar tatap muka meskipun terbilang jarang
  • Mahasiswa dan dosen semakin terbiasa menggunakan fasilitas berteknologi canggih, sehingga menghasilkan individu-individu yang paham terhadap penggunaan teknologi modern. Hal ini pun meningkatkan kualitas dan kemampuan individu itu sendiri.
  • Memiliki risiko penularan virus yang minim di masa pandemi ini
  • Efesiensi tempat belajar mempermudah proses belajar mahasiswa yang mengambil kelas karyawan, dan mahasiswa kelas reguler yang sambil bekerja atau melakukan kegiatan produktif lainnya.
  • Lebih irit ongkos belajar, karena tidak perlu harus datang ke kampus setiap kali ada kelas.

Kampus Terbaik yang Menerapkan Blended Learning

Berikut ini daftar perguruan tinggi terbaik yang menerapkan blended learning adalah sebagai berikut:

1. Universitas Esa Unggul (UEU)  https://kk.esaunggul.ac.id 

Sebagai Universitas Swasta ternama di Jakarta, Universitas Esa Unggul sangat cepat dalam menerapkan metode Blended Learning terutama untuk Kelas Karyawan.

Untuk mendukung belajar mengajar telah disiapkan Sistem Kuliah Online yang efektif dan menarik sehingga mahasiswa dapat mengikutinya dengan mudah.

Perbandingan Mata kuliah yang dijalankan dengan cara tatap muka dengan kuliah online adalah 60:50, dimana jumlah mata kuliah tatap mukanya adalah 60% dan mata kuliah online adalah 40%.

2. Universitas Indonesia (UI) www.ui.ac.id

Sebagai universitas kenamaan di tanah air, UI terbilang cepat dalam menerapkan blended learning. Pengembangan sistem computer yang membantu proses belajar online terus dilakukan, salah satunya mellaui Computer Learning Resource.

Sedangkan untuk mendukung kegiatan belajar online lebih efektif, metode belajar mengajar yang diterapkan adalah metode Collaborative Learning dan Problem Based Learning.

3. Universitas Padjajaran (Unpad) www.unpad.ac.id

Perguruan tinggi terbaik yang menerapkan blended learning yang kedua adalah Unpad yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat. Sistem yang dibuat untuk mendukung efektivitas belajar online adalah E-learning Center.

Dengan adanya E-learning Center, mahasiswa dapat dengan mudah berkomunikasi dengan dosen, meskipun dalam kondisi jarak jauh.

4. Universitas Gadjah Mada (UGM) www.ugm.ac.id

Dalam sebuah sistem belajar online, memang sangat dibutuhkan media dengan menu lengkap untuk mempermudah kegiatan belajar mengajar serta media diskusi antara mahasiswa dan dosen.

Melihat kebutuhan ini, pihak UGM sebagai perguruan tinggi terbaik yang menerapkan blended learning pun membangung sebuah sistem bernama E-learning System for Academy Community. Di platform ini, mahasiswa maupun dosen mengunggah maupun mengunduh materi belajar, mengunggah tugas, dan membuat ruang obrolan online untuk berdiskusi saat kuliah online dilaksanakan.

5. Universitas Airlangga (Unair) www.unair.ac.id

Perguruan tinggi terbaik yang menerapkan blended learning di Surabaya, Jawa Timur, adalah Unair. Pihak kampus membuat sistem yang mempermudah kegiatan belajar mengajar online bernama Airlangga University E-learning Application (AULA).

Di sini, terdapat menu yang memungkinkan dosen atau mahasiswa mengunggah materi belajar, mengerjakan tugas secara online, berdiskusi, dan lain sebagainya.

6. Institut Teknologi Bandung (ITB) www.itb.ac.id

ITB dikenal sebagai kampus yang selalu melibatkan kecanggihan teknologi dalam setiap kegiatan belajar mengajarnya. Sejak masa pandemi, ITB juga menjadi perguruan tinggi terbaik yang menerapkan blended learning.

Sistem online yang dibuat memungkinkan dosen dan mahasiswa untuk berdiskusi di dalam media internal, membagikan materi kuliah, dan lain sebagainya.

7. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) www.its.ac.id

Sama dengan Unair, kampus di Surabaya, Jawa Timur, ini juga menjadi perguruan tinggi terbaik yang menerapkan blended learning.

Dengan begitu, mahasiswa memiliki jadwal kuliah tatap muka dan sekaligus kelas online. Sistem belajar online yang terstruktur mambuat dosen dan mahasiswa dapat dengan mudah berkomunikasi, meskipun terpisah oleh jarak.

Di Semarang, Jawa Tengah, ada Undip yang juga masuk ke dalam daftar perguruan tinggi terbaik yang menerapkan blended learning. Nama sistem yang menaungi kegiatan belajar online di sini adalah Kul-On yang mana merupakan singkatan dari kuliah online.

Penyampaian materi belajar disajikan lebih mudah, sehingga mahasiswa bisa mendapatkan materi utuh dan penjelasan dosen saat kelas sedang berlangsung secara online. Jadi, mis-komunikasi dalam kelas online pun bisa diminimalisir.

9. Universitas Gunadarma (Gundar) www.gunadarma.ac.id

Salah satu kampus swasta favorit calon mahasiswa ini juga memberlakukan sistem blended learning melalui situs resmi kampus, yakni www.gunadarma.ac.id.

Ada beberapa menu yang memudahkan proses belajar mengajar secara online, yakni virtual class, electronic journal, digital library, dan dan menu-menu lainnya.

Segala fasilitas tersebut menunjang mahasiswa yang biasanya selalu merasa kesulitan saat harus belajar di rumah selama pandemi ini. Sistem yang baik diharapkan mampu membantu kesulitas tersebut.

10. Universitas Bina Sarana Indonesia (BSI) www.bsi.ac.id

Perguruan tinggi terbaik yang menerapkan blended learning ini memiliki banyak kampus yang tersebar di berbagai daerah.

Kemudahan kuliah di BSI bisa kamu rasakan karena universitas ini sudah memakai sistem belajar online sejak lama. Jadi, masa pandemi bukan halangan untuk berkuliah. Pembagian kelas tatap muka dengan kuliah online di BSI yakni sebesar 50:50.

Demikian kami sampaikan informasi tentang 10 Kampus Terbaik yang Menerapkan Blended Learning, semoga bermanfaat.

Anda Ingin Melakukan Polling, Silahkan di PollingKita.com